Selasa, 25 Mei 2010

Diet Suku Indian Tarahumara

Suku Indian Tarahumara adalah komunitas pribumi paling sehat di Amerika Utara. Suku ini tingga di pegunungan Sierra Madre Occidental di Meksiko Utara bagian tengah dan memiliki kebiasaan diet makanan yang terdiri dari jagung, kacang-kacangan dan bubur dari sayuran.

Daging sangat jarang dimakan, sesekali mereka makan telur. Populasinya yang berjumlah 50,000 orang sama sekali tidak menggunakan alat bantu mesin apapun dalam pertanian, transportasi dilakukan dengan berjalan kaki, dan mereka selalu terlibat dalam perlombaan lari marathon dan pertandingan-pertandingan sepak bola.

Para ilmuwan dan peneliti melaporkan bahwa tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan tidak ditemukan pada suku ini, dan kematian dari penyakit jantung dan penyakit degenerative lainnya sama sekali tidak dikenal disana. Semua ini dikarenakan oleh gaya hidup dan diet mereka.

Ilmuwan menjalankan uji coba dengan cara memperkenalkan kepada suku ini diet makanan yang dikonsumsi oleh orang Amerika modern umumnya hari-hari ini. Lima minggu kemudian, kadar kolesterol dan berat badannya diambil. Hasilnya sungguh mencengangkan.

Kadar kolesterol naik sebesar 31%.

Trigeliseril naik sebesar 18%.

Berat badan naik 3.8%.

(Sumber: W. E. Connor, “The Plasma Lipids, Lipoproteins, and Diet of the Tarahumara Indians of Mexico,” American Journal of Clinical Nutrition 31: 1131-42, 1978; Martha P. McMurray et al., “Changes in Lipid and Lipoprotein Levels and Body Weight in Tarahumara Indians after Continuation of an Affluent Diet,”New England Journal of Medicine, 325:1704–08, 1991).